||BERBAGI CERITA||
||SHARING BERITA||









Indonesia Juara Olimpiade Komputer 2009  

Tepatnya tanggal 5 dan 6 Agustus 2009, Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009 Bidang Ilmu Komputer diselenggarakan di Aula Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. OSN Komputer merupakan Kompetisi Nasional Bidang Ilmu Komputer yang diadakan oleh Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pembinaan SMA. Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Komputer tahun ini, diikuti oleh 110 siswa SMA dari 33 propinsi di Indonesia.

Beberapa siswa terbaik akan memperoleh Medali Emas, Perak dan Perunggu. OSN juga merupakan bagian dari seleksi kandidat Wakil Indonesia ke Olimpiade Sains Tingkat Internasional. Khusus untuk bidang Komputer, Olimpiade tingkat internasional adalah International Olympiad in Informatics (IOI).

Pada tahun 2009 ini, Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) akan mengikuti International Olympiad in Informatics ( IOI) ke -21 di Plovdiv, Bulgaria tanggal 8 -15 Agustus 2009. Bertindak sebagai Tim Leader adalah Ir. Suryana Setiawan, M.Sc (Dosen Fasilkom UI). Sementara itu, untuk kompetisi internasional berikutnya di tahun 2010, International Olympiad in Informatics (IOI) ke-22 akan diselenggarakan di University of Waterloo, Canada (14-21 Agustus 2010).

Materi yang akan dipertandingkan dalam OSN Bidang Komputer adalah Problem Solving melalui pemrograman komputer. Mekanisme pertandingan, yaitu dilaksanakan 2 hari berturut-turut dimana setiap peserta mengerjakan Problem (Soal) di Komputer yang telah tersedia untuk masing-masing peserta. Pada hari pertama (5 jam), materi soal adalah berupa Kemampuan Analitik (Teori) dan Pemrograman. Selanjutnya di hari kedua (5 jam) yaitu materi soal pemrograman dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari materi soal hari pertama. Setiap peserta mengumpulkan jawaban secara Online ke Server OSN bidang Komputer. Selanjutnya, jawaban peserta akan dinilai secara otomatis oleh program Automatic Grader setelah sessi pertandingan selesai.

Setiap problem dan solusi yang dipertandingkan, dipersiapkan oleh tim juri Nasional yang terdiri dari Dosen-Dosen dari FASILKOM UI, Teknik Informatika ITB, Ilmu Komputer IPB, Ilmu Komputer UGM dan Teknik Informatika ITS.


cIte from http://www.cs.ui.ac.id

Powered By Blogger